Sabtu

Pompa pendorong Mesin Cuci 1 Tabung


Suatu kali mendapat keluhan dari seorang ibu yang mempunyai mesin cuci 1 tabung. Sudah 2 bulan mesin cucinya tidak dapat di pergunakan untuk mencuci, setelah menempati rumah yang baru. Padahal di rumah yang lama selalu di gunakan dan tidak ada masalah.
Dan kondisi mesin cuci juga dalam keadaan tidak rusak. Ketika saya tanyakan problemnya, ternyata air tidak mau keluar mengisi tabung mesin cuci pada saat proses pencucian.
Dari hasil pengamatan dari kondisi yang ada, ternyata problem tersebut terjadi karena Tandon air pada rumah tersebut letaknya kurang tinggi, dari permukaan tanah hanya sekitar 2 meter. Otomatis air yang keluar yang hanya mengandalkan grafitasi bumi, tidak mampu menekan lobang dalam katub kran listrik ( Solenoide Valve )
Yang berada dalam mesin cuci.
Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara memasang pompa air pendorong pada keluaran dari tandon air. Si ibu keberatan jika harus memasang Pompa air baru karena harus menambah pengeluaran sedangkan dia hanya menyewa rumah tersebut. Akhirnya saya berikan solusi yang kedua yaitu dengan memanfaatkan Pompa air yang ada, yang dipergunakan untuk mengisi Tandon air yang bersumber dari sumur.
Tetapi memang agak sedikit repot karena harus mematikan kran pada saat mencuci dan menghidupkan kran pada saat mengisi Tandon air.
Dengan sedikit penambahan rangkaian listrik dan merubah perpipaan air masalah tersebut dapat teratasi.


Gambar perpipaan







Gambar Solenoide Valve ( SV ) mesin cuci



CR Adalah Relay dengan coil bertegangan 220 Volts AC. Agar lebih awet dapat menggunakan relay dengan seri MK2P ber merk OMRON. Kemampuan kontak nya sampai 10 A.

Reactions:

1 comments:

  1. sekedar informasi sekarang ada flow switch, automatis untuk pompa air biasa yang akan di gunaka untuk pompa pendorong lengkapnya di http://permatatehnik-gsm.blogspot.com/

    BalasHapus